SELAMAT DATANG DI BLOG SASITO. BLOG YANG MENYAJIKAN CARA MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI BLOG
INGATLAH !! PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH HARI INI AKAN MEMPUNYAI MANFAAT YANG BESAR DI SUATU HARI NANTI.

Minggu, 08 Februari 2015

Cara Membuat Gambar 3 Dimensi

Cara membuat gambar 3 dimensi merupakan satu diantara beberapa favorit saya belajar dengan coreldraw. Dibawah ini saya menampilkan gambar meja yang nantinya kita akan mencontoh untuk membuatnya seolah-olah meja tersebut hasil dari jepretan kamera dan kemudian dimodifikasi.

Untuk mengetahuinya mari kita ikuti langkah-langkah pembuatannya melalui coreldraw :
  1. Buka coreldraw lalu buat sketsa dari meja yang akan kita buat melalui "Rectangle Tool" atau tekan "F6" dengan tahapan sebagai berikut : 
    • Pertama buat sketsa bidang landai meja.
    • Kemudian blok sketsa bidang landai meja tersebut, lalu copy-pastekan hingga 2 kali untuk membuat kaki meja
    • Masih dalam posisi di blok, ubah posisi sktesa kaki meja dengan mengganti bidangnya melalui icon "Angle Rotation" (terletak disebelah atas) menjadi 90.
    • Selanjutnya buat sketsa untuk bagan laci mejanya dan aturlah posisinya. Bila benar kita mengikuti langkah tersebut, maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini :


    • Kemudian blok sketsa meja tersebut lalu klik icon "combine" (terletak disebelah atas).
    (NB : Cara membloknya= letakkan kursor diluar area sketsa meja dan tekan mousenya hingga muncul garis-garis putus dan masih keadaan mousenya ditekan tarik hingga keseluruhan sketsa meja) maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.

  2. Selanjutnya masih dalam keadaan di "combine", tekan icon : "interactive extrude tool" (terletak disebelah kir) dan pilihlah "interactive extrude tool" dengan mengkliknya.
  3. Setelah itu letakkan kursor ditengah-tengah sktesa meja lalu tekan mousenya dan tarik hingga ke kiri bagian atas hingga hasil seperti gambar berikut ini :

  4. Tahap berikutnya klik "Arange" lalu klik "Break Extrude Group Apart" atau tekan "Ctrl" dan "K". Kemudian blok bidang meja tersebut lalu klik "Ungroup", lalu klik "Pick Tool" setelah itu klik bidang kerjanya untuk menghilangkan tampilan bloknya.
  5. Selanjutnya sorot bidang kaki mejanya lalu klik, kemudian di sebelah kanan klik icon "Pattern Fill" selanjutnya klik icon "Bitmap Pattern Fill" dan pilihlah coraknya seperti corak kayu atau triplek.
  6. Selanjutnya kita atur corak tersebut dengan mengklik icon "Interactive Fill Tool" (terletak disebelah kiri bawah atau tekan G) yaitu pada bulatannya yang terletak di sebelah kanan, putar hingga ke kiri dengan cara tekan bulatan tersebut dan geser sampai ke kiri. 
  7. Kemudian klik bidang kaki menjanya, lalu di sebelah kanan klik icon "Pattern Fill" dan selanjutnya klik icon "Bitmap Pattern Fill" lalu pilihlah corak kayu atau triplek, maka bidang kaki mejanya telah memiliki corak kayu. Lakukan seperti pada cara di atas pada bidang lainnya. (dasar meja, kaki meja, dan laci meja)
  8. Setelah semua bidang memiliki corak, kemudian klik setiap ketebalan bidang meja tersebut dan lakukan seperti pada cara kesembilan di atas namun coraknya ganti dengan yang lain.
  9. Selanjutnya kita membuat dinding meja dengan "Rectangle Tool" seperti cara pertama atau dengan kata lain membuat kotak sebesar bidang kaki meja bagian belakangnya. Lihat pada gambar berikut ini.
  10. Kemudian klik "Pattern Fill" dan pilihlah corak kayu sama seperti corak ketebalan mejanya lalu atur corak tersebut seperti cara di atas.
  11. Kemudian sorot bidang dinding meja tersebut lalu klik kanan dan pilihlah fitur "Order" lalu "Behind" maka akan muncul tanda panahnya. 
  12. Letakkan tanda panah tersebut kebidang meja seperti bidang kaki meja lalu kliklah. Maka dinding meja telah berpindah kebagian belakang. 
  13. Selanjutnya blok keseluruhan bidang meja lalu klik icon "outline" (terletak di sebelah kanan atas) dan pada fitur width pilihlah "none" untuk menghilangkan garis-garis bidang meja. 
Bila benar kita melakukan langkah-langkah di atas, maka hasil seperti gambar meja di bawah ini.

Setelah Anda berhasil, coba dengan membuat rak seperti gambar di bawah ini :

    "SELAMAT MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL"
    Berdasarkan uraian di atas, timbul pertanyaan : "Apakah gambar meja di atas merupakan hasil jepretan kamera ?

    0 komentar:

    Posting Komentar