SELAMAT DATANG DI BLOG SASITO. BLOG YANG MENYAJIKAN CARA MEMBUAT DAN MEMODIFIKASI BLOG
INGATLAH !! PENGETAHUAN YANG DIPEROLEH HARI INI AKAN MEMPUNYAI MANFAAT YANG BESAR DI SUATU HARI NANTI.

Minggu, 08 Februari 2015

Cara Membuat Tulisan Dengan Warna Emas Dan Berkilau Bintang

Cara membuat tulisan berwana emas dengan 3 dimensi melalui photoshop merupakan satu diantara sekian banyak cara untuk memodifikasi blog. Tujuannya untuk memperindah blog kita sehingga menjadi perhatian para blogger lainnya. Kegunaan tulisan berwarna emas ini dengan 3 dimensi dapat dipakai pada header blog, juga pada judul halaman atau postingan, tergantung dari selera masing-masing. Untuk mengetahui caranya, mari ikuti langkah-langkah berikut ini :

I. TULISAN BERWARNA EMAS

  1. Buka photoshop dengan lembar kerja baru (tekan Ctrl dan N) pada photoshop dengan ukuran standar header 960px X 300px atau disesuaikan dengan header blog.
  2. "Resolusi"-nya sebesar : "72px/cm" dan "Color Mode" : "RGB 8 bit" serta "Background"-nya : "White".
  3. Klik icon "T" (Type Tool) untuk membuat tulisan header-nya seperti contoh : "BLOGSPOT.COM" dengan ukuran tulisan 100px dengan warna hitam dan font Arial.
  4. Setelah selesai mengetik, maka tulisan kita tersebut menjadi layer : BLOGSPOT.COM (dapat di lihat di sebelah kanan bawah)
  5. Selanjutnya pada Layer BLOGSPOT.COM tersebut, klik mouse sebelah. kanan hingga muncul beberapa fitur dan arahkan mouse pada tulisan "Duplicate Layer" lalu kliklah hingga muncul perintah tanda "Ok" lalu klik sehingga muncul layer baru : "BLOGSPOT.COM copy".
  6. Kemudian masih dalam posisi "BLOGSPOT.COM copy" klik kanan, maka akan tampil beberapa fitur dan pilihlah "Blending Options" sehingga muncul Layer Style yang berisikan beberapa fitur lainnya.
  7. Kemudian kliklah "Drop Show"
  8. Setelah selesai, maka kliklah "Bevel and Emboss" dan pada fitur "Quality", ganti "Gloss contour" menjadi : "Cove-Shallow" atau "Cone Interved".
  9. Pada fitur "Highlight Mode", kliklah warna putih sehingga muncul kode warna seperti ini # ffffff dan ganti kode warna tersebut (ffffff) menjadi ffcc33.
  10. Selanjutnya pada fitur "Shadow Mode", kliklah warna hitam sehingga muncul kode warna seperti ini # 000000 dan ganti kode warna tersebut (000000) menjadi # a67408.
  11. Selanjutnya klik "Color Overlay" dan pada sebelah kanan tercantun warna kemudian kliklah warna tersebut sehingga muncul ukuran warna dan ganti kode warnanya menjadi # d7a624.
  12. Kemudian kliklah "Stroke" sehingga muncul fitur "Fill Type" Color lalu ganti menjadi Gradient sehingga muncul warnanya lalu kliklah warna tersebut.
  13. Pada kotak warna sebelah kiri bawah, kliklah sehingga muncul color lalu kliklah warna pada kotak tersebut sehingga muncul kode warna # 000000 lalu ganti menjadi # dcbf49.
  14. Selanjutnya pada kotak warna sebelah kanan bawah, kliklah sehingga muncul color lalu kliklah warna pada kotak tersebut sehingga muncul kode warna # ffffff lalu ganti menjadi # e8b72c.
  15. Agar terlihat kontras warna emas maka kita merubah latar belakangnya dengan cara yaitu : Pada lembar kerja, lihat pada sebelah kiri ada icon "Set Background Color" kemudian terlihat ada dua bentuk warna yaitu warna yang didepan dan warna yang dibelakang.
  16. Buatlah warna dibelakang menjadi hitam, caranya pada sebelah kanan klik "Swatches" maka terlihat berbagai macam warna kemudian pilihlah warna hitam dengan mengkliknya.
  17. Selanjutnya kembali ke icon "Set Background Color" maka akan terlihat warna hitam telah berada didepan dan kemudian klik tanda panahnya untuk memindahkan warna hitam tersebut menjadi dibelakang.
  18. Setelah itu sorot "Edit" dan pilihlah "Fill" selanjutnya "Ok" maka akan terlihat latar belakang menjadi hitam dan hasil akan tampak seperti gambar dibawah ini:
II. TULISAN DENGAN EFEK 3 DIMENSI
Setelah kita membuat tulisan dengan efek warna emas, maka dapat kita lanjutkan dengan membuat efek tulisan tersebut menjadi 3 dimensi. Langkah-langkah membuat tulisan dengan efek 3 dimensi adalah sebagai berikut : 
  1. Posisi kerja pada layer "BLOGSPOT.COM copy" (berwarna emas) dengan mengkliknya, dapat dilihat di sebelah kanan bawah.
  2. Kemudian tekan v dan selanjutnya tekan Alt serta tuts panah kanan pada keyboard sebanyak 5 kali atau mungkin lebih (disesuaikan dengan ketebalan dimensi), maka akan terlihat langsung tulisan kita telah berubah menjadi 3 dimensi. Contoh dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

III. TULISAN BERSINAR BINTANG EMAS
Setelah kita membuat tulisan berwarna emas, maka langkah selanjutnya adalah dengan memberi efek bintang pada tulisan tersebut. Untuk mengetahuinya, mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Masih dalam lembar kerja tersebut tekan "Ctrl","Shift" dan huruf "N" secara bersamaan, maka akan muncul "Layer 1" lalu "Ok", sehingga muncul layer baru yang bernama "Layer 1".
  2. Kemudian disebelah kiri tampak icon Brush Tool kliklah atau tekan B, maka kita akan bekerja pada brush tool.
  3. Selanjutnya pada bagian atas kiri terlihat "fitur brush", pilihlah fitur yang berbentuk bintang.
  4. Pada "Master Diameter", aturlah sesuai dengan kebutuhan, seperti contoh : 64px, maka akan muncul bentuk bintang pada kursor mousenya yang berdiameter 64px.
  5. Letakkan bentuk bintang tersebut pada tulisannya sesuai dengan selera kita (lihat contoh gambar dibawah pada hasilnya)
  6. Selanjutnya masih pada posisi layer 1, klik kanan dan pilihlah "Blending Options"
  7. Kemudian klik fitur "Outer Glow" dan kemudian klik warnanya dan ganti kode warnanya menjadi # d19014.
  8. Selanjutnya klik fitur "Color Overlay" lalu klik warnanya dan ganti kode warnanya menjadi # cccc66.
Hasilnya akan terlihat pada gambar berikut ini :

https://lh3.googleusercontent.com/E4bQchYjYoMoB3YR-uTonKz1a0okuGwjqECK1Ufnh0V3v-b-2Dwp3F-cM1dhqEE4Bs1NGg7G9LZJQw9IBbPcEEQvTL9xgc3VuM_b5Q7qIWKG5JJrsbe2CykXl4JTOjbmmMdziOIEicZ-D8r4RlkqH9-7lysgJIzW1TD_QJy1HJRUqgzz_UC3hoOIFziJzFMnfmUBfxZBydrMSUQWpLbAr1i_PKnoFNc869E2bZQsNvG3raL002mMthvDKLpy6s6TMEaSA3wO-nCVfAhGpcl_1O-N2wnwxWqidTsh7UZyrHBzs0DN5TMsKlg_s4R1gVMYISd0CtlCNAamdMIcaW_324Ntpk5S5xHM-5UkLmsS8e9qYzv-h73H3Au4HVIzHV3lrc4DQPF8EkUrAVCHusQQ8WGtk0S6mJjlDk3e44-jmtImFcos28obQUt_-2sxxwoswQPXgAZzbQqnh_FNQuHauYOJ31YqfSaul4Y1OLdB6Ld8xBLwb1e_upA667lhSiV_fu9jFm-LEZZDkRFUoCfHO1PMl5RkpawqFXYBMJEL8m73Hwgmo-p61GvQFcUoyzy2J-LEnQDBaU0epJcsp3Sq8X-pNTkN1Ds=w400-h100-no

2 komentar: